Dapat digunakan untuk membandingkan tarif pajak tahun yang lalu (sebelumnya) dengan tahun yang berikutnya, sehingga dapat mengetahui suatu keuntungan atau pendapatan perusahaan.
02. Manfaat Korelasi bagi Pengusaha Besar
a. Untuk menetapkan kebijakan manajemen suatu perusahaan
b. Untuk menetapkan kebijakan perusahaan dalam bidang produksi dengan melihat hubungan antara tingkat upah dengan jumlah produksi
c. Untuk menetapkan strategi pemasaran suatu perusahaan berdasarkan korelasi antar biaya promosi dengan omset penjualan.
03. Manfaat Korelasi bagi Pengusaha Kecil
Untuk dapat mengetahui jumlah barang yang ditawarkan dengan harga barang yang telah ditetapkan. Agar pengusaha tidak mengalami kerugian, apabila jumlah penawaran dengan harga barang bertambah maka jumlah permintaan menurun.
04. Manfaat Korelasi bagi Konsumen
Untuk mengatur konsumen agar tidak terjadi pengeluaran lebih besar dari pada pemasukan.
05. Manfaat Korelasi bagi Kita
Untuk mengetahui hubungan antar biaya promosi dengan harga barang serta omset penjualan.
VARIABEL KORELASI
“ TOKO BIRU”
NO
|
NAMA BARANG
|
BIAYA PROMOSI
( X )
|
HARGA PENJUALAN
( Y )
|
XY
|
X2
|
Y2
|
1.
|
BUKU TULIS | 1.250 | 1.500 | 1.875.000 | 1.562.500 | 2.250.000 |
2.
|
SHAMPO | 5.950 | 6.000 | 35.700.000 | 35.402.500 | 36.000.000 |
3.
|
MIE INSTAN | 850 | 950 | 807.500 | 722.500 | 902.500 |
4.
|
BERAS | 3.100 | 3.200 | 9.920.000 | 9.610.000 | 10.240.000 |
5.
|
GULA | 3.800 | 4.200 | 15.960.000 | 14.440.000 | 17.640.000 |
6.
|
PULPEN | 1.300 | 1.500 | 1.950.000 | 1.690.000 | 2.250.000 |
7.
|
PENSIL | 1.850 | 2.000 | 3.700.000 | 3.422.500 | 4.000.000 |
18.100 | 19.350 | 69.912.500 | 66.850.000 | 73.282.500 |
A ) Koefisien Korelasi
Þ 99% : Tingkat hubungan harga penjualan dengan biaya promosi sangat tinggi dan positif
B ) Determinasi Korelasi
= 0,98 = 98% Þ Harga penjualan sangat dipengaruhi oleh biaya promosi
C ) Non Determinasi Korelasi
Non Det = 1-
= 1- 0,98 = 0,02 = 2% Þ Harga penjualan dipengaruhi selain biaya promosi Misalnya : Upah tenaga kerja
0 komentar:
Posting Komentar