-----

LAPORAN KEGIATAN

LAPORAN KEGIATAN
JANUARY 2000


- Mengetahui alur produksi mulai dari bahan baku Billet sampai menjadi hasil produksi besi cor.
- Mengetahui bagian-bagian dari sistem mesin pabrik dan cara kerjanya.
- Membuat gambar, mendata komponen dan mengetahui kerja dari panel low voltage MCC yang ada, pada kondisi aktual yang terpasang (sangat penting untuk keperluan trouble shouting), meliputi:
- Gambar panel, komponen yang dipakai dan tata letaknya.
- Single line diagram.
- Three line diagram.
- Control circuit.
- Mengawasi kontinuitas pelaksanaan pekerjaan di saluran kabel, tempat trafo, peletakan meja kontrol, pemasangan motor pada mesin.
- Meminta penawaran harga renovasi panel listrik untuk motor 3,3 Kv , dari:
- ABB (Bp. Rudy Hartono)
- Metro Abdibina Sentosa (Bp. Supriyadi)
- Sarantek (Bp. Thomas)
- Mencari informasi pemakaian motor 3,3 Kv / 60 Hz pada jala-jala PLN 3,3Kv / 50 Hz.
- Meminta penawaran harga testing motor 3,3 Kv / 60 Hz, agar dapat diperoleh data aktualnya jika dioperasikan pada jala-jala 50 Hz, dalam hal :
- R P M
- Arus dari : - ABB Sakti (Bp. Susanto)
- Torsi - Sarantek (Bp. Thomas)
- Power

PERMASALAHAN:
- Kepastian sistem pemasangan motor 3,3 Kv / 60 Hz belum ada, alternatif yang dapat dipilih:
- Mencoba langsung dengan supply PLN 3,3 Kv / 50 Hz.
(Supply tersebut saat ini belum tersedia, lokasi trafo belum siap)
- Menambah AC converter untuk menyamakan frekwensinya.
(Harga AC converter mahal)
- Menggulung ulang motor 60 Hz menjadi motor 50 Hz.
(Berdasarkan info dari Teko, butuh waktu sekitar 4 bulan dan harganya tidak terpaut jauh dari harga motor baru).
- Menambahkan trafo step down 3,3Kv / 50 Hz ke 3Kv / 50Hz untuk supply motor 3,3 Kv/60Hz
(Penurunan tegangan dibutuhkan untuk mendapatkan Torsi yang konstan akibat perubahan frekwensi power supply, seperti di Beton Jaya yang mengalami kasus yang sama), dan memakai lagi trafo 1000 Kva untuk supply motor 3,3 Kv / 50Hz / 1000 Hp.
- Merubah tegangan output trafo Trafindo 3,3Kv menjadi 3,135 Kv (fasilitas tersedia di trafo, tegangan mendekati 3Kv) untuk supply motor-motor 3,3 Kv / 60 Hz (800Hp, 700Hp, 500Hp) dan memakai lagi trafo 1000Kva untuk mensupply motor 3,3 Kv / 50 Hz / 1000Hp.
- Membeli motor baru 3,3 Kv / 50 Hz.

Saran :
Melaksanakan testing motor 3,3 Kv / 60 Hz dengan jala-jala PLN 50 Hz secepatnya, sehingga pemilihan alternatif dapat dilakukan dengan cepat dan baik.


- Crane / Hoist
Current collector (merk : Chiao Hwe ) yang dibutuhkan untuk crane MHE Demag sulit didapat, karena tidak umum dipakai. Bp. Ming membantu mencarikan di Taiwan.

Saran :
Bila harganya tidak terlalu mahal, perlu tambah 1 buah lagi untuk spare.

- Panel Furnace ex Litung
Instruksi dan gambar control circuit tidak ada, telah dilakukan pembuatan gambar oleh Bp.Imam, tetapi masih ada masih ada komponen yang tidak ada manualnya (temperatur control RKC – C900 dan pressure control CHINO – DB1000).
Saat ini sedang berusaha mencari tahu siapa yang menjual barang tersebut, Ibu Een diharapkan juga ikut membantu untuk memperoleh informasi.
Bp. Rudy juga sudah membawa gambarnya ke Jakarta untuk ditanyakan ke orang yang mungkin tahu.


- Componen Panel
- Pemakaian beberapa Circuit Breaker dengan breaking capacity yang rendah (Fuji EA-33/1,5Ka) pada panel LV MCC seharusnya dihindari, karena jauh lebih kecil dari breaking capacity yang diperlukan. Circuit Breaker tersebut terpaksa dipakai agar menghemat biaya pembelian.
- Perlu dicoba pemakaian beberapa contactor dari beberapa merk (ABB, Siemens, K Moeller) selain merk Telemecanique yang saat ini mayoritas, dengan tujuan agar dapat diketahui contactor merk apa yang terbaik life timenya, untuk keperluan penggantian bila terjadi kerusakan dikemudian hari.


- Pembuatan Saluran Kabel dan perataan tanah tempat berdirinya Control Desk
Perataan tanah di tempat berdirinya Control Desk dan pembuatan saluran kabel perlu segera dipercepat pelaksanaannya, agar Control Desk dapat segera ditempatkan serta kabel dapat segera digelar dan dipasang ke motor – motor, sehingga COOL TEST dengan memakai Control Desk dan Panel Power yang sebenarnya dapat dilaksanakan.
Saat ini perataan tanah dan pembuatan saluran kabel sangat lambat, karena:
- Keterbatasan tenaga yang mengerjakannya.
- Lokasi yang akan dikerjakan terhalang pekerjaan lain.

Saran :
- Tenaga untuk pembuatan saluran kabel agar ditambah dan jangan dikurangi untuk mengerjakan pekerjaan lain.
- Pekerjaan lain di lokasi yang menghalangi pembuatan saluran kabel agar diusahakan untuk diselesaikan terlebih dahulu (penambahan fondasi tiang).
- Untuk perataan tanah oleh pekerja pemasang paving sangat tergantung pada mandornya, bila tidak ada perintah dari mandornya, maka mereka keberatan untuk mengerjakannya, diharapkan mandor paving tidak meninggalkan lokasi kerja di pabrik untuk waktu yang lama.


- Pengadaan Elpiji dan Oksigen
Diharapkan stock Elpiji dan Oksigen dapat dijaga agar jangan sampai habis, karena mengganggu pelaksanaan pekerjaan mekanik.

Saran :
Pemesanan Elpiji dan Oksigen dilakukan saat jumlah stock sudah mencapai jumlah rata-rata pemakaian sehari dikali dengan rata-rata lamanya delivery (waktu mulai pesan sampai datang di pabrik).
Share ke : _

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2011 Terus Belajar Berbagi Kebaikan | www.jayasteel.com | Suwur | Pagar Omasae | Facebook | Rumah Suwur