Menurut David A. Aaker, Brand Equity[4] adalah satu set brand asset dan liabilitas yang berkaitan dengan suatu merek, nama dan simbolnya, yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh sebuah barang atau jasa kepada perusahaan atau para pelanggan perusahaan.
Brand Equity ini mempunyai lima kategori, yaitu:
1. Loyalitas merek (Brand Loyalty)
2. Kesan nama (Name Awareness)
3. Kesan kualitas (Perceived Quality)
4. Assosiasi merek (Brand Associations)
5. Aset-aset merek lainnya (Other Proprietary Brand Assets)
Brand Loyalty merupakan inti dari ekuitas merek (brand equity). Suatu produk yang dapat mempunyai name awareness yang tinggi, kualitas yang baik, brand associations yang cukup banyak tetapi belum tentu memiliki brand loyalty. Sebaliknya produk yang memiliki brand loyalty dapat dipastikan memiliki name awareness yang cukup tinggi, kualitas yang baik, brand associations yang cukup dikenal.
[4] Aaker, David A, loc.cit., hal 22-23.
Lebih lengkap tentang MEREK...
Mendukung Stop Dreaming Start Action
Terima kasih
0 komentar:
Posting Komentar