Membuat Jadwal Arus Kas dalam Organisasi Proyek

Bila seorang pelanggan mempertimbangkan untuk menanamkan dana di dalam suatu proyek besar yang pelaksanaannya memakan waktu beberapa tahun, ia tentu ingin mengetahui, selain dari berapa jumlah biaya yang harus dikeluarkan, tetapi juga tentang bilakah ia harus melakukan pembayaran-pembayaran itu. Pelanggan itu tentu harus membuat persiapan dan pengaturan dengan banknya, atau sumber dananya, untuk menyediakan uang yang diperlukannya itu pada waktunya.

Jima CoatBila proyek industri itu diharapkan akan menghasilkan laba bagi pelanggan (misalnya proyek pembangunan pabrik baru), peramalan penerimaan, baik mengenai jumlahnya maupun mengenai waktunya harus sudah merupakan bagian dari penilaian keterlaksanaan proyek yang harus dilakukan.
Manajer proyek mungkin diminta untuk menyusun ramalan arus kas, baik untuk keperluan perusahaannya sendiri maupun sebagai jasa kepada pelanggan. Baik dalam rangka mengumpulkan dana ataupun untuk penilaian proyek dengan DCF, ramalan arus kas itu terikat pada rencana waktu pengerjaan proyek. Oleh karena uang merupakan sumber daya yang paling mendasar, penjadwalan uang merupakan salah satu aspek yang terpenting dalam penjadwalan sumber daya dalam proyek-proyek besar.
Share ke : _

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© 2011 Terus Belajar Berbagi Kebaikan | www.ok-rek.com | Duwur | okrek | Facebook | Twitter